CONTOH IKLAN

Bacaan Yang Paling Dianjurkan Pada Dzikir, Do’a, dan Membaca Al-Quran

Advertisement

CONTOH IKLAN

CONTOH IKLAN
Bismillah, diartikel kali ini select.my.id membuatkan artikel tentang bacaan yang dianjurkan ketika Berdzikir, Berdo’a, dan Membaca Al-Quran yang pernah diajarkan nabi. Berikut hadist dan penjelasannya. 

Hadist

Artinya:

Dari Abdullah bin Amar ra., Nabi Muhammad saw. bersabda, “Dzikir yang paling utama ialah Laa ilaaha illallah. Dan do’a yang paling utama ialah istighfar.” Lalu beliau membaca ayat Al-Qur an, ‘Ketahuilah sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah. Dan mohon ampunlah atas dosamu.” (Thabrani)

Penjelasan

Dalam pasal ini pun, hadits yang pertama kali dinukilkan ialah tentang masalah yang sama, yaitu tentang keutamaan Laa ilaaha illallah Bahwa Laa ilaaha illallah adalah dzikir yang paling utama. Atas hal ini, para ahli sufi telah menulis bahwa cara khusus untuk membersihkan hati yaitu dengan berdzikir Laa ilaaha illallah. Berkat dzikir ini, semua kotoran hati akan menjadi bersih. Dan jika ditambah dengan banyak membaca istighfar, tentu akan lebih bermanfaat lagi. Sebuah hadits menyebutkan bahwa ketika nabi Yunus as. ditelan oleh ikan, maka beliau membaca do’a berikut ini dalam perut ikan:

لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين 

“Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zhalim.”

Barangsiapa membaca ayat ini lalu berdo’a, maka do’anya akan dikabulkan oleh Allah swt..” Di pasal pertama pun telah disebutkan bahwa dzikir yang paling utama ialah Laa ilaaha illallah. Namun di sana disebutkan bahwa do’a yang paling baik ialah Alhamdulillah, sedangkan di sini, do’a yang paling baik ialah istighfar. Sebenarnya hal ini hanya disebabkan perbedaan keadaan saja. Bagi orang-orang yang bertakwa. maka Alhamdulillah lebih utama. Dan bagi orang-orang yang berdosa sangat penting untuk beristighfar. Selain itu, masih banyak lagi sebab-sebab keutamaannya. Seperti, sebagai bacaan untuk mendapatkan keuntungan, maka dengan membaca Alhamdulillah. Bacaan tersebut sangat sesuai. Sedangkan untuk menghindari kerugian dan kesempitan, maka istighfar yang lebih berfaedah. Di samping itu pun masih banyak lagi penyebab perbedaan itu.

Dikutip dari kitab Fadhail Amal

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.