CONTOH IKLAN

KISAH PESAN SA’AD BIN RABI’ RA. DALAM PEPERANGAN UHUD

Advertisement

CONTOH IKLAN

CONTOH IKLAN

Dalam perang Uhud, Nabi saw. bertanya, “Hendaknya diketahui bagaimana keadaan Sa’ad bin Rabi ra.”, maka diutuslah seorang sahabat untuk mencarinya. Dia mencarinya diantara orang-orang yang telah mati syahid sambil memanggil-manggil namanya, barangkali ia masih hidup. Orang Orang itu terus memanggilnya, “Saya diutus oleh Nabi saw. untuk mengetahui keadaanmu!”, lalu terdengarlah suara lirih dari suatu tempat. Maka ia menuju tempat itu dan dilihatnya Saad bin Rabi’ ra. berada diantara tujuh orang yang syahid dalam perang itu, dan ia tinggal memiliki sedikit sisa-sisa nafasnya.

Ketika didekati, berkata lah Sa’ad ra., “Sampaikanlah salam ku kepada Rasulullah saw. Dan katakanlah kepada beliau., semoga Allah swt. memberikan kepadamu derajat yang lebih tinggi dan lebih mulia daripada nabi-nabi terdahulu yang telah diberikan oleh umat mereka yang terbaik dan mulia. Dan katakanlah kepada kaum Muslimin; “Jika orang-orang kafir telah mencapai Rasulullah saw. dan mata kalian masih terbuka, yaitu tetap hidup, maka di sisi Allah kamu tidak mempunyai alasan lagi.” Setelah berkata-kata demikian, ia pun akhirnya gugur di jalan Allah.

Pelajaran dari Kisah di atas

Semoga Allah mengaruniakan pahala kepada kita, sebagaimana yang telah dikaruniakan kepada para sahabat Nabi saw. Mereka para sahabat ra., telah berkorban dengan benar-benar, untuk agama Allah swt.. Semoga Allah swt. dengan kasih sayang-Nya memenuhi kubur-kubur mereka dengan nur, yang telah membuktikan pengorbanan dengan nyawa mereka. Meskipun dengan penuh luka dan kesusahan, namun mereka tetap menjalaninya tanpa beban, tanpa aduan serta keluhan, juga tanpa takut dan gentar. Singkatnya untuk menjaga Nabi saw. mereka sanggup mengorbankan nyawa mereka dan senantiasa berkorban untuk beliau. Meskipun bukan ahlinya, semoga kita dikaruniai sebagian kasih sayang tersebut.

-Dikutip dari kitab Fadhail Amal.-

Advertisement

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.