CONTOH IKLAN

KISAH SYAHIDNYA ANAS BIN NADHAR RA. DALAM PERANG UHUD

Advertisement

CONTOH IKLAN

Dalam perang Uhud, ketika kaum muslimin mengalami kekalahan dari kaum kafir Quraisy, terdengarlah berita bahwa Nabi saw. telah syahid. Berita ini membuat resah dan panik para sahabat ra., Sehingga pertempuran bertambah seru dan kacau balau.

CONTOH IKLAN

Suatu ketika Anas bin Nadhar ra. sedang berjalan, terlihatlah olehnya kaum Muhajirin dan Anshar sedang bersedih atas berita tersebut. Dalam kumpulan itu ada juga Umar ra. dan Thalhah ra., Anas ra. bertanya, “Apa yang terjadi pada kaum muslimin sehingga mereka terlihat sangat bersedih?” Mereka menjawab, “Rasulullah saw. telah syahid.” Kata Anas ra., “Lalu apakah setelah syahidnya Rasulullah saw. kamu mau terus hidup? keluarkan lah pedangmu dan pergilah untuk mati!” Lalu Anas ra. sendiri menghunuskan pedangnya dan menyerbu pasukan musuh dan bertempur habis-habisan sehingga ia mati syahid.

Pelajaran dari Kisah di atas

Sebagai pejuang yang telah membaktikan hidupnya untuk orang yang dicintainya. Kemudian, jika yang dicintainya telah tiada, maka seakan-akan apa artinya hidup. Karena itulah, ia rela mengorbankan nyawanya.

-Dari kitab Fadhail Amal. –

Advertisement

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.